Profil Osvaldo Haay, Pemain Berbakat dari Bumi Cendrawasih!

profil osvaldo haay

Penggemar berat sepak bola tanah air, pasti tak asing lagi dengan Osvaldo Hayy. Pemain berbakat dari Indonesia timur ini, memiliki segudang prestasi yang patut diapresiasi. Dulu mungkin tak banyak yang mengetahui seluk beluk seorang Osvaldo Hayy, namun setelah kiprahnya memperkuat sayap timnas Indonesia membuatnya dikenal publik dengan permainan ciamiknya. Penasaran dengan sosok Osvaldo Hayy? Berikut, profil Osvaldo Haay yang menarik dibaca:

1. Berasal dari Bumi Cendrawasih

Osvaldo Ardiles Hayy, atau yang sering akrab dipanggil Osvaldo Hayy ini merupakan pemain sepak bola yang lahir di Kota Jayapura, Papua. Pria berkelahiran 17 Mei 1998 ini, jatuh cinta dengan sepak bola semenjak masih kanak-kanak. Bersama dengan kawan- kawan  semasa kecilnya, Osvaldo Hayy sangat menyukai sepak bola yang merupakan olahraga yang sangat digandrungi di Bumi Cendrawasih sehingga memunculkan para pemain sepak bola yang hebat dan ikut memperkuat pertahanan timnas Garuda. Di antara banyaknya pemain Papua yang berhasil terpilih membela timnas, ada nama Osvaldo Hayy yang pernah mengharumkan nama bangsa melalui permainannya yang sangat mengesankan.

READ  Inilah Urutan Pemain Bola Termahal di Dunia Terbaru

2. Awal Karir Osvaldo Hayy

Profil Osvaldo Haay, tidak dapat terlepas dari awal karirnya. Osvaldo Hayy menyadari kegemaran dan bakatnya dalam sepak bola semasa kecil membuatnya mulai yakin untuk menjadi atlet sepak bola profesional. Kepiawaiannya dalam bermain sepak bola membuatnya ikut memperkuat pertahanan tim sepak bola Persipura Junior pada tahun 2015. Bersama timnya di Persipura junior, membuatnya semakin terasah dan semakin profesional permainannya. Berkat skill luar biasa yang dimilikinya dan permainan ciamiknya, membuatnya berhasil masuk ke dalam tim Persipura senior. 

3. Dari Persipura ke Persebaya

Permainan hebat Osvaldo Hayy, membuatnya dipertimbangkan oleh klub lain seperti Persebaya misalnya. Berkat bantuan Alfredo Vera yang merupakan pelatihnya semasa di Persipura, Osvaldo Hayy mengikuti jejak sang pelatih untuk “Hijrah” ke Surabaya membela tim Persebaya. Tak hanya sebagai penyerang sayap, Osvaldo pernah diminta melakoni striker murni. Dari Persebaya inilah, kemampuan dan skillnya menjadi bertambah. Menjadi striker membuatnya semakin ganas lantaran Osvaldo berhasil mencetak 11 gol dalam Liga 1. Ia menduduki posisi kedua pemain Persebaya yang menyumbang banyak gol setelah rekannya yakni David da Silva.

READ  Siapa Pemain Bola Terhebat di Dunia Sepanjang Masa? Simak Jawabannya di Sini

4. Dilirik Timnas Indonesia

Karir Osvaldo Hayy semakin melejit lantaran skill dan permainannya dilirik oleh Timnas Indonesia. Osvaldo masuk ke dalam pemain Timnas Indonesia semenjak usianya masih sangat muda. Pada tahun 2017, Osvaldo tergabung ke dalam Timnas Indonesia u- 19. Tak berhenti di sana, Osvaldo berhasil melebarkan sayapnya untuk bermain di Timnas u- 23 dan menjadi perwakilan Indonesia untuk dipersiapkan bermain di Asian games pada tahun 2018 saat Timnas Indonesia masih dipegang oleh Luis Milla. Kendati demikian, Osvaldo mengalami kegagalan untuk masuk ke tim utama Timnas Indonesia di Asian Games 2018.

5. Pemain Terbaik Hingga Dilirik Klub Spanyol

Meskipun gagal untuk masuk ke dalam pertahanan Timnas Indonesia di Asian Games 2018, tak lantas membuatnya patah begitu saja. Osvaldo menyumbangkan permainan ciamiknya untuk tetap bermain di Persebaya Surabaya. Bahkan, Osvaldo Hayy berhasil digelari sebagai pemain terbaik pada Liga 1 pada tahun 2019 oleh PT. Liga Indonesia Baru. Tak lama kemudian, Osvaldo kembali dipanggil untuk memperkuat skuat Timnas U- 22 yang akan dipersiapkan menuju piala AFF u- 22 tahun 2019. 

READ  Cedera Engkel Pemain Bola Ini Merupakan yang Terparah di Lapangan Hijau

Saat Osvaldo sedang menjalani pemusatan latihan, Osvaldo tidak dapat mengikuti secara optimal hingga pemuda dari Jayapura ini memilih untuk izin keluar. Hal ini lantaran Osvaldo harus menjalani trial di salah satu klub Spanyol. Namun, Indra Sjafri selaku pelatih Timnas Indonesia kala itu memberikan kesempatan bagi Osvaldo untuk ikut bermain menjadi tim utama Timnas U- 22 di piala AFF 2019. Keputusan Indra Sjafri membuahkan hasil yang memuaskan. Osvaldo menjadi penentu keberhasilan Indonesia untuk menjuarai piala AFF 2019.

Itulah beberapa profil Osvaldo Hayy, mutiara hitam dari bumi Cendrawasih. Perjalanan karirnya sebagai pemain sepak bola profesional tentu saja tidak dilalui dengan mudah. Namun, sifatnya yang suka belajar untuk menekuni hobi miliknya dan pantang menyerah, membuatnya berhasil menjadi pemain terbaik, masuk ke dalam Timnas Indonesia hingga dilirik klub asal Spanyol. 

You May Also Like

About the Author: Olive